Menu

Selasa, 06 Maret 2012

Muatan Kurikulum

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.  Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok, yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewarganegaraan   dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan.

Struktur kurikulum SDN Kedawung 04 meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.

Struktur kurikulum SDN Kedawung 04 disusun berdasarkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, yaitu  sebagai berikut :
a.    Kurikulum SDN Kedawung 04 memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
b.    Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
c.    Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
d.    Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu.

STRUKTUR KURIKULUM SDN KEDAWUNG 04
                                                                                                    
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV, V, DAN VI
A. Mata Pelajaran




Pendekatan
Tematik

1.    Pendidikan Agama
3
2.    Pendidikan Kewarganegaraan
2
3.    Bahasa Indonesia
5
4.    Matematika
5
5.    Ilmu Pengetahuan Alam
4
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial
3
7.    Seni Budaya dan Ketrampilan
4
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
4
B. Muatan Lokal

1.    Bahasa Jawa
2
2.    Bahasa Inggris
2
3.    Budi Daya Ubi Kayu
2
C. Pengembangan Diri

1.    Pramuka
1
2.  

Jumlah
30
34


B.  Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 3 muatan lokal, dan 1 pengembangan diri.

1.  Mata Pelajaran
Mata Pelajaran di SDN Kedawung 04 terdiri dari  8 mata pelajaran yaitu :
1.    Pendidikan Agama
2.    Pendidikan Kewarganegaraan
3.    Bahasa Indonesia
4.    Matematika
5.    Ilmu Pengetahuan Alam
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial
7.    Seni Budaya dan Ketrampilan
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2.  Muatan Lokal
Muatan Lokal di SDN Kedawung 04 terdiri atas:
1.    Bahasa Jawa
2.    Bahasa Inggris
3.    Budi Daya Ubi Kayu

3.  Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
Pengembangan diri di SDN Kedawung 04 terdiri atas :
1.    Pramuka
2.    Kesenian   : .........................
3.      Bimbingan Karir (BK)
Dilaksanakan sebagai bagian dari program pembelajaran dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran.
4.      Olah raga : .........................................

4.   Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan Beban Belajar di SDN Kedawung 04 sebagai berikut :
BEBAN BELAJAR SDN Kedawung 04
SATUAN PENDIDIK-AN
KELAS
SATU
JAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA
(MENIT)
JUMLAH JAM PEMBEL PER MINGGU
MINGGU EFEKTIF PER TAHUN PELAJARAN
WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
JUMLAH JAM
PER TAHUN
 (@ 60 MENIT)
SD
I s/d III
35
Kelas :
I.   30
II.  31
III. 32
36
Kelas :
I.   1050
II.  1085
III. 1120 jam pembelajaran
Kelas :
I.   37.800 menit
II.  39.060 menit
III. 40.320 menit
Kelas :
I.   630
II.  651
III. 672

IV s/d VI
35
36
36
1260
jam pembelajaran
(45360 menit)
756

5.   Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu Kompetensi Dasar berkisar antara 0 -100%.


STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL ( SKBM )
SDN KEDAWUNG 04
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

NO
KOMPONEN
KETUNTASAN BELAJAR
A.

















B.








C.


Mata Pelajaran
1.  Pendidikan Agama
2.  Pendidikan Kewarganegaraan
3.  Bahasa Indonesia
4.  Matematika
5.  Ilmu Pengetahuan Alam
6.  Ilmu Pengetahuan Sosial
7.  Seni Budaya dan Ketrampilan
8.  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Muatan Lokal
1.    Bahasa Jawa
2.    Bahasa Inggris
3.    Budi Daya Ubi Kayu

Pengembangan Diri
1.    Pramuka
2.    Olah raga
·       Tenis Meja
·       Sepak Takraw
3.    Seni

65 %
70 %
65 %
60 %
60 %
65 %
65 %
70 %

65 %
70 %
60 %


B

B
B
B


6.   Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria dan penentuan kenaikan kelas adalah sebagai berikut.

a.    Kriteria kenaikan kelas
1)    Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas/PR, nilai Ulangan Tengah Semester  (UTS) dan nilai Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan Standart Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)/Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SDN Kedawung 04
2)    Memiliki rapor di kelasnya masing-masing.
b.    Penentuan kenaikan kelas
1)    Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan guru dengan mempertimbangkan SKBM/KKM, sikap/penilaian/budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
2)    Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik ke kelas ...
3)    Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.

7.   Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
a.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.   Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c. Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d.  Lulus Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)
Kriteria dan Penentuan kelulusan
a.    Kriteria kelulusan
Hasil ujian dituangkan ke dalam blangko daftar nilai ujian. Hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan kriteria sebagai berikut :
1)   Memiliki rapor kelas VI.
2) Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6,00

b.    Penentuan kelulusan
1)    Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/perilaku/ budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
2)    Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
3)    Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir.

8.   Pendidikan Kecakapan Hidup

Pendidikan kecakapan hidup di SDN Kedawung 04 adalah ...........................

PROGRAM PEMBELAJARAN ...........................
SDN KEDAWUNG 04

KELAS
KOMPETENSI DASAR
I.


II.


III.


IV.


V.


VI.
1. Mengenal bagian-bagian komputer
2. Games

1. Menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang benar.
2. Games

1. Mengetik huruf dan angka
2. Games

1. Mengetik surat pertamaku
2. Games

1. Membuat dan mengetik surat.
2. Membuat kolom/tabel jadwal mata pelajaran

1. Membuat surat
2. Menghitung
3. Pengenalan internet
9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global di SDN Kedawung 04 adalah membuat .....................................

PROGRAM PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL
SDN KEDAWUNG 04

KELAS
KOMPETENSI DASAR
I
·       Memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk menghaluskan kayu
·       Mengamplas kayu
II
·       Mengamplas kayu
·       Memplitur dengan bahan jadi
III
·       Mendempul kayu yang berlubang
·       Mengamplas kayu
·       Memplitur dengan bahan jadi
IV
·       Mendempul kayu yang berlubang
·       Mengamplas kayu
·       Memplitur dengan bahan jadi
V
·       Membentuk kayu menjadi benda seperti sendok nasi, sodet (sendok pipih yang dipakai untuk mengaduk gorengan)
·       Mendempul kayu
·       Mengamplas kayu
·       Memplitur dengan bahan jadi
VI
·       Membentuk kayu menjadi benda seperti sendok nasi, sodet, dan hiasan dinding
·       Mendempul kayu
·       Mengamplas kayu
·       Memplitur dengan bahan jadi
·       Mengemas hasil karya dari bahan kayu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar